jump to navigation

Duki Temukan “Emas” Bergambar Soekarno Agustus 2, 2008

Posted by dani chan in Uncategorized.
trackback

Jum’at, 01 Agustus 2008 , 17:05:00

 

Duki (40) warga Desa Kalihurip Kec. Cikampek Kab. Karawang yang menemukan sebatang logam mirip emas seberat 0.5 kg dengan ukiran gambar Ir. Soekarno dan sisi lainnya tertulis “GOLD” dan “24 KARAT” di lahan yang tidak jauh dari gerbang tol Kalihurip 2, Kamis (22/7). Ia menemukannya ketika meratakan tanah yang letaknya bersebelahan dengan gerbang tol Kalihurip 2. Lahan itu akan dibangunkan mushola. “Saya menemukannya waktu mencangkul. Dalamnya sekitar 75 sentimeter,” katanya, Jumat (1/8).

Ia meratakan lahan itu karena disuruh oleh Nuriyan seorang pengurus pusaka dari Cirebon. Bersama Amil Kasim dan Salim, Duki menyelesaikan perataan lahan yang semula disebut Sumur Dua karena ada dua sumur yang menjadi sumber mata air dan tidak terurus. “Sebenarnya saya tidak ingin menginformasikan penemuan ini. Saya khawatir, nantinya lahan yang semula akan dijadikan tempat ibadah, malah digali mencari emas,” ujar Nuriyan yang mengaku belum memeriksa keaslian emas batangan tersebut.

Kades Kalihurip Eman Sulaeman membenarkan adanya penemuan itu. Akan tetapi, ia belum melihat langsung penemuan itu. Ia mengatakan bahwa lahan itu milik warganya dan telah dimintakan izin. Lahan itu merupakan milik Budi yang luasnya 4 hektar. Namun, saat Nuriyan meminta izin untuk membangunkan mushola, Budi mengizinkannya. Menurut Nuriyan penentuan lokasi pembangunan mushola itu didapatkan dari petunjuk leluhurnya. Ia menyebut tujuannya hanya untuk melestarikan peninggalan leluhur yang dinamai “Sumur Pusaka Cikahuripan”.

Kini, emas batangan itu berada di tangan Kasim. Ia tidak akan menjual atau menyerahkannya kepada pemerintah. Nuriyan bermaksud menjaganya sebagai bagian dari pusaka peninggalan leluhur. Ia juga berharap lokasi itu tidak didatangi banyak orang untuk mencari emas-emas lainnya yang diduga peninggalan Bung Karno ketika singgah di Karawang.(A-153/A-122)***

 

www.pikiran-rakyat.com 02-08-2008

 

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: