jump to navigation

Dua Penderita Gizi Buruk Kritis Juni 18, 2008

Posted by dani chan in Uncategorized.
trackback

19 Juni 2008

Tak Dijamin Jankesmas
BOYOLALI– Empat penderita gizi buruk dirawat di RSU Pandanarang Boyolali. Dua dirawat di ruang ICU karena kondisinya kritis, dan dua lainnya dirawat di ruang Edelweiss.

Kedua pasien yang dirawat di ruang ICU adalah Winarsih (11), putri Tumiran warga Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego, dan Muh Kristanto (1,5) putra pasangan Parno-Tukini, warga Dukuh Kuniran, Desa Jatilawang, Wonosegoro.

Winarsih hanya memiliki berat badan 11 kg dan Muh Kristanto 3,5 kg. Bukan hanya beratnya jauh di bawah normal, Winarsih juga dideteksi menderita kanker darah.
Badannya kurus kering dan tatapan matanya sayu.

Untuk meningkatkan asupan gizi, dokter memberikannya melalui cairan infus. Pasalnya, kondisi pasien sulit untuk menerima makanan padat melalui mulut.

Ditemui para wartawan saat menunggui anaknya, Rabu (18/6) kemarin, Tumiran menggeleng-gelengkan kepala saat ditanya biaya perawatan putrinya. Dia mengaku bingung karena hidupnya miskin.

Pasrah

Penghasilannya sebagai buruh hanya cukup untuk makan sehari-hari. Makanan itu pun tidak bisa memenuhi standar gizi minimal. ’’Yang penting, makan bisa kenyang. Kalau gizi jelas jauh dari harapan,’’ ujarnya.

Keluarganya pun tidak masuk dalam daftar keluarga miskin yang memperoleh jaminan kesehatan masyarakat (jankesmas). Pihak rumah sakit sudah memintanya untuk mencari surat pengantar ke desa dan kecamatan.

Namun, hingga kini tidak ada kejelasan apakah putrinya bisa mendapatkan bantuan perawatan. ’’Ini cobaan berat bagi keluarga kami,’’ katanya, sembari menunduk.

Kepasrahan juga tampak pada Parno-Tukini. Pasangan itu hanya bisa menatap kosong putra kesayangannya, Muh Kristanto. Karena Muh dirawat di ruang ICU, tidak setiap saat dia bisa mendampingi anaknya.

Hanya pada saat- saat tertentu, petugas mengizinkan mereka masuk ruangan steril tersebut untuk bertemu sang anak. Selebihnya, dia hanya menunggu di ruangan lain.(G10-58)

 

 

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: