jump to navigation

FPG akan Tuntut Mendagri Dicopot Juni 18, 2008

Posted by dani chan in Uncategorized.
trackback

Rabu, 18 Juni 2008 , 18:08:00   www.pikiran-rakyat.com

JAKARTA, (PRLM).- Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR akan menuntut pencopotan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Langkah itu akan diambil jika Mendagri tidak mencabut keputusannya yang memenangkan pasangan Thaib Armaiyn-Abdul Gani Kasuba dalam Pilkada Maluku Utara (Malut).

“Konsistensi Mendagri terhadap penegakkan hukum dalam pengambilan keputusan hasil pilkada patut dipertanyakan, karena mendagri hanya berwenang mengesahkan apa yang diputuskan oleh KPU, dan bukan mencampuri putusan KPU,” kata anggota Komisi II dari FPG Rustam E. Tamburaka dalam rapat kerja Komisi II dengan Mendagri di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (18/6).

Rustam juga mengkritik keputusan mendagri yang tidak melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan presiden dan wakil presiden sebelum memutuskan hasil pilkada Malut. Menurut dia, sebagai pembantu presiden, seharusnya mendagri melakukan konsultasi lebih dulu, dan tidak mengambil keputusan hanya berdasarkan fatwa yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung.

Sementara itu, Mendagri Mardiyanto menyatakan siap diberhentikan dari jabatannya bila presiden menilai kinerjanya sebagai mendagri tidak maksimal. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini merasa sudah bekerja semaksimal mungkin, dan apa yang dilakukan juga demi kepentingan bangsa dan negara.

Mendagri mengakui bahwa keputusan untuk menetapkan pasangan Thaib Armaiyn-Abdul Gani Kasuba sebagai pemenang pilkada Malut diambil tanpa melakukan konsultasi dengan presiden dan wakil presiden.

“Kami hanya berpatokan pada pasal 106 UU no. 32/2004 yang menyebutkan bahwa kewenangan sengketa pilkada diputus oleh MA. Yang terpenting adalah, kami mengambil keputusan ini untuk meringankan beban presiden dan wakil presiden, serta untuk menjaga agar presiden dan wakil presiden tidak dinilai berpihak pada salah satu calon,” kata Mardiyanto.(A-130/A-147)***

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: