jump to navigation

SRI SULTAN SIAP MAJU PILPRES 2009 Agustus 2, 2008

Posted by dani chan in Uncategorized.
trackback

BANDUNG—Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X siap maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.

Namun dia mengajukan syarat pencalonannya harus didukung mayoritas masyarakat Indonesia. ”Kalau jumlahnya (rakyat yang mendukung) hanya satu, mana bisa saya maju,” kata Sultan seusai menjadi pembicara dalam Sarasehan Kebangsaan-Rekonsiliasi Sejarah (1) di Balai Pertemuan Umum Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Jalan Dr Setiabudhi 299 Bandung kemarin siang.

Sarasehan dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, mantan KSAD Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu, mantan Mendagri Suryadi Sudirja, mantan Kasum TNI Letjen (Purn) Kiki Syahnakri, tokoh Jawa Barat Tjetje H Padmadinata, serta artis Franky Sahilatua.

Diskusi yang berlangsung di Ruang Pertemuan UPI Bandung itu diikuti sekitar 200 peserta yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia. Menurut Sultan, menjadi capres merupakan amanat yang harus diemban. Namun, dia belum memutuskan akan bergabung dengan partai politik mana sebagai kendaraannya dalam pilpres tersebut.

Saat ini, Sultan mengaku enggan membicarakan masalah pencapresan dirinya karena waktu pelaksanaan pilpres masih jauh. ”Kan saya juga tidak mungkin datang ke tiap partai dan menawarkan diri agar diusung dalam pilpres,” ujarnya. Sebelumnya, saat menjadi pembicara dalam diskusi kebudayaan di Hotel Grand Preanger, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jumat (4/4) malam, Sultan juga sempat menyinggung soal capres.

Dia mengutip pesan ayahnya, Sri Sultan Hamengku Bowono IX yang mengatakan, jabatan merupakan amanah dari rakyat dan bukan sesuatu yang harus diperebutkan. ”Jadi saya menunggu amanah dari rakyat jika ditanya mengenai pencalonan sebagi presiden,” lanjutnya.

Sultan juga mengatakan, jika dia mencalonkan diri, harus ada kepastian dukungan dari rakyat. Itu merupakan hal yang utama. ”Jika tidak ada dukungan, buat apa saya maju. Jika saya maju, saya harus jadi pemenang. Maka dari itu, saya menunggu amanah dan dukungan dari rakyat seluruh Indonesia” paparnya.

Seperti diketahui, nama Sultan belakangan ini santer disebut sebagai capres alternatif. Posisi dia disejajarkan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden RI saat ini) dan Megawati Soekarnoputri (capres dari PDIP). Dari sejumlah hasil polling, diketahui dukungan pencalonan Sultan menunjukkan tren positif.

Selama ini Sultan dikenal sebagai kader Golkar karena pernah menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Provinsi DIY. Namun dukungan pencalonan Sultan belakangan ini santer disuarakan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir. Di tempat yang sama, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno belum mau berkomentar soal pencalonan Sultan. Dia berkelit, waktu pelaksanaan pilpres masih lama.

”Tak perlu dibicarakan dulu saat ini,” ujar Try. Sementara itu, kendati Ketua Umum DPP PAN Sutrisno Bachir berulang kali menyebut nama Sultan sebagai capres yang akan diusung, di lingkup internal PAN masih terjadi tarik ulur. Kemarin, Sekjen PAN Zulkifli Hasan menyatakan partainya belum menentukan nama capres 2009.

”Kami baru membicarakan capres setelah pemilu legislatif,” kata Zulkifli kepada SINDO tadi malam. Dia belum berani menentukan nama karena proses penentuan capres masih panjang. ”Pokoknya siapa yang dipilih rakyat, tentu itu yang akan kita pilih (jadi capres),

 

www.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/07/28/1/131621

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: